DESKRIPSI LAPORAN KEGIATAN AKTUALISASI
3.1 Penetapan Isu yang Diangkat
1.
Unit
Kerja :
UPT SMP Negeri 1 Selorejo
2.
Jabatan
: Guru IPS Ahli
Pertama
3. Pekerjaan/
Uraian Tugas:
- Melakukan koordinasi dengan Mentor (Kepala Sekolah) dan Coach (Pembimbing) terkait isu dan rancangan aktualisasi
- Menyusun Instrumen pengamatan keaktifan dan pedoman pengisian instrumen
- Menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang ditentukan (Silabus, RPP, LK, Media Pembelajaran)
- Melaksanakan pembelajaran di kelas seperti biasa dengan metode ceramah dan melakukan evaluasi belajar awal serta memberikan kuisioner kepada siswa
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP yang telah disusun dengan model pembelajaran talking stick serta memberikan evaluasi belajar dan kuisioner akhir
- Memasang hasil karya diskusi siswa dalam mading sekolah dengan bekerjasama dengan ekstrakurikuler jurnalistik
- Menyusun Laporan Kegiatan
3.2
Matrik Rencana Kegiatan Aktualisasi
Tabel 3.1 Matriks Rencana
Kegiatan Aktualisasi
NO
|
KEGIATAN
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
OUTPUT/HASIL
KEGIATAN
|
NILAI-NILAI
DASAR ANEKA
|
KONTRIBUSI
TERHADAP TUPOKSI UNIT KERJA
|
PENGUATAN
NILAI-NILAI ORGANISASI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
|
Melakukan koordinasi dengan Mentor (Kepala Sekolah) dan Coach
(Pembimbing) terkait isu dan rancangan aktualisasi
|
1.
Menghubungi mentor
2.
Mengutarakan
permasalahan dan gagasan pemecahan
isu.
3.
Meminta persetujuan dari mentor mengenai gagasan yang diajukan
|
1.
Surat
ijin untuk melaksanakan rancangan aktualisasi kegiatan di sekolah
2.
Lembar
Saran terkait gagasan yang diajukan
|
Akuntabilitas
(Kejelasan target yaitu jelas adanya pemecahan
masalah berdasarkan isu yang ditentukan)
Nasionalisme
- Kerakyatan
(Musyawarah
dan menghargai pendapat mentor sebagai masukan tugas)
Etika Publik
(Komunikatif dan sopan dengan cara menghubungi dulu melalui telepun dan saat bertemu
berkordinasi dengan santun)
Komitmen mutu
(Patuh terhadap atasan yaitu menjalankan hasil
konsultasi berdasarkan pendapat dan saran yang telah dibuat)
Anti Korupsi
(Jujur dalam menyampaikan isu-isu yang ada di lembaga)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan hubungan kerjasama dengan orangtua peserta didik, komite
sekolah, dan/atau masyarakat.”
|
Bersahabat/Komunikatif
(Dengan
berkoordinasi akan menumbuhkan komunikasi yang harmonis antara atasan dan
pembimbing)
Toleransi
(Saling
menghargai pendapat merupakan bentuk toleransi yang baik)
|
2.
|
Menyusun Instrumen
pengamatan keaktifan dan pedoman pengisian instrumen
|
1)
Mencari
referensi terkait dengan instrumen pengamatan
2)
Menyusun
instrumen pengamatan keaktifan siswa
3)
Menyusun
pedoman pengisian instrumen pengamatan
|
Tersusunnya draft instrumen pengamatan keaktifan siswa
sesuai indikator yang telah ditentukan
|
Akuntabilitas
(Transparan, dalam pembuatan
instrumen harus bersifat terbuka supaya bisa dikerjakan dan akan menunjukkan
keaktifan)
Nasionalisme
- Ketuhanan
(Sederhana, pembuatan pedoman
dan instrumen dibuat sesederhana mungkin supaya mudah untuk dipahami dan
dikerjakan)
Etika Publik
(Integritas tinggi,
mengerjakan instrumen merupakan bagian dari peningkatan integritas guna
terciptanya kualitas instrumen yang baik)
Komitmen Mutu
(Berorientasi Mutu, hasil
dari instrumen akan menunjukkan kualitas dari aktualisasi)
Anti Korupsi
(Mandiri, pembuatan instrumen
dibuat sendiri dari pengolahan referensi)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan administrasi.”
|
Kerja
keras
(Menyusun
instrumen harus dikerjakan dengan semangat kerja keras supaya mencapai
target)
Rasa ingin
tahu
(Untuk
menyusun instrumen yang bagus dibutuhkan referensi yang akurat)
|
3.
|
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran
yang ditentukan (Silabus, RPP, LK, Media Pembelajaran)
|
1)
Menyusun
silabus pembelajaran
2)
Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran
3)
Menyusun
Lembar Kerja (LK)
4)
Menyiapkan
media pembelajaran (Stick, spiker aktif, dll)
|
Tersusunnya :
1.
Silabus
2.
RPP
3.
Lembar
Kerja
4.
Media
Pembelajaran (Stick)
|
Akuntabilitas
(Kejelasan target yaitu menyesuaikan model pembelajaran sesuai dengan
materi)
Nasionalisme
- Ketuhanan
(Etos Kerja yaitu menyusun
perangkat pembelajaran dengan sungguh-sungguh guna memaksimalkan pelaksanaan
pembeljaran nanti)
Etika Publik
(Cermat yaitu menyusun
perangkat pembelajaran harus sesuai antara silabus, RPP, LK, dan media
pembelajaran)
Komitmen Mutu
(Efisien
yaitu membuat langkah-langkah pembelajaran yang ditentukan dengan durasi
waktu)
Anti
Korupsi
(Melakukan perancangan kegiatan
dengan semangat Kerja Keras supaya mendapatkan hasil yang maksimal)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan administrasi.”
|
Tanggungjawab
(Menyusun
perencanaan merupakan tanggungjawab utama guna mencapai keberhasilan program
pembelajaran)
|
4.
|
Melaksanakan
pembelajaran di kelas seperti biasa dengan metode ceramah dan melakukan
evaluasi belajar awal serta memberikan instrumen kepada guru pengamat
|
1)
Membagikan
instrumen pengamatan pada guru pengamat
2)
Kegiatan
pendahuluan berupa Doa, Absensi, Apersepsi, dan Motivasi
3)
Kegiatan
Inti berupa penjelasan materi
4)
Kegiatan
penutup berupa menyimpulkan materi dan doa
5)
Melaksanakan
evaluasi hasil belajar
6)
Mengumpulkan
hasil instrumen yang diisi
|
1)
Konsep
materi IPS yang dipahami siswa dengan metode biasa (ceramah)
2)
Hasil
belajar siswa dengan metode ceramah
3)
Hasil
instrumen pengamatan yang telah diisi oleh guru pengamat
|
Akuntabilitas (Bertanggungjawab atas program pembelajaran dan
evaluasi yang telah dibuat sesuai Silabus dan RPP serta bertanggungjawab
melaksanakan arahan pengisian instrumen pengamatan)
Nasionalisme
- Kemanusiaan
(Tidak diskriminatif, yaitu dengan tidak pilih
kasih terhadap siswa dalam proses pembelajaran dan tatkala memberikan nilai)
Etika Publik
(Jujur, yaitu dengan memberikan nilai sesuai kemampuan belajar siswa dan
tidak memanipulasi data hasil instrumen pengamatan)
Komitmen Mutu
(Berorientasi mutu, dengan melakukan proses pembelajaran dan evaluasi
akan menjadi tahu bagaimana hasil transfer ilmu yang telah dilakukan)
Anti Korupsi
(Adil yaitu
memberikan jawaban atas pertanyaan kepada semua siswa dan memberikan
penghargaan bagi siswa yang bisa serta memberikan sangsi bagi siswa yang
belum bisa menjawab tugas saat PBM)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan Pendidikan.”
|
Disiplin
(Melaksanakan
pembelajaran selalu disesuakan dengan waktu yang telah ditentukan)
Menghargai
Prestasi
(Salah
satu bentuk mengapresiasi prestasi siswa yaitu dengan melakukan evaluasi)
|
5
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP
yang telah disusun
dengan model pembelajaran talking stick
serta memberikan evaluasi
belajar dan instrumen pengamatan yang akhir
|
1)
Membagikan
instrumen pengamatan pada guru pengamat
2)
Kegiatan
pendahuluan berupa Doa, Absensi, Apersepsi, dan Motivasi
3)
Kegiatan
Inti berupa penjelasan materi awal di PPT, diskusi kelompok, pelaksanaan Talking
Stick, pemberian hadiah dan sangsi, pembuatan karya hasil diskusi
4)
Kegiatan
penutup berupa menyimpulkan materi, menanyakan hal yang penting dan doa
5)
Melaksanakan
evaluasi hasil belajar
6)
Mengumpulkan
hasil instrumen
|
1)
Konsep
materi IPS yang dipahami siswa dengan metode Talking Stick
2)
Hasil
belajar siswa dengan metode talking stick
3)
Perwujudan
karya berupa kantong ilmu dari hasil diskusi kelompok
4)
Hasil
instrumen yang telah diisi oleh guru
|
Akuntabilitas (Bertanggungjawab atas program pembelajaran dan
evaluasi dalam RPP serta bertanggungjawab melaksanakan arahan pengisian instrumen
pemngamatan keaktifan siswa)
Nasionalisme
- Ketuhanan
- Persatuan
(Religius
yaitu memulai dan mengakhiri PBM dengan doa serta Cinta Tanah Air yaitu
menyanyikan lagu Wajib Nasional sebagai apersepsi awal pembelajaran)
Etika Publik
(Disiplin
yaitu melaksanakan tugas dengan tepat waktu tanpa mengganggu jam pelajaran
guru lainnya)
Komitmen Mutu
(Inovatif yaitu melakukan model pembelajaran yang belum pernah dilakukan
sebelumnya dan mengarahkan siswa membuat hasil karya)
Anti Korupsi (Adil yaitu memberikan jawaban atas pertanyaan kepada semua siswa dan
memberikan penghargaan bagi siswa yang bisa serta memberikan sangsi bagi
siswa yang belum bisa menjawab tugas saat PBM)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan Pendidikan.”
|
Disiplin
(Melaksanakan
pembelajaran selalu disesuakan dengan waktu yang telah ditentukan)
Kreatif
(Membuat
kreasi baru agar terciptanya keaktifan siswa dalam pembelajaran)
Menghargai
prestasi
(Salah
satu bentuk mengapresiasi prestasi siswa yaitu dengan melakukan evaluasi,
selain itu juga dalam bentuk membuat media pembelajaran yang aktif)
|
6.
|
Memasang hasil karya diskusi siswa dalam
mading sekolah dengan bekerjasama dengan ekstrakurikuler jurnalistik
|
1) Mengumpulkan hasil diskusi siswa
berupa karya Kantong Ilmu
2) Melakukakan kordinasi dengan pembina
ekstrakurikuler jurnalistik
3) Memasang karya siswa di tempat yang
telah ditentukan
|
1)
Terkumpulnya
hasil karya siswa
2)
Pajangan
hasil karya siswa di mading sekolah
|
Akuntabilitas
(Partisipatif, dengan
bekerjasama dengan ekstrakurikuler jurnalis akan memberikan partisipasi suatu
karya yang akan dipasang sebagaii hiasan mading sekolah)
Nasionalisme
- Persatuan
(Cinta Tanah Air, yaitu
dengan memberikan kesempatan bagi siswa mengembangkan hasil karya sesuai
kemampuan yang dimilikinya)
Etika Publik
(Kreatif, yaitu membuat
hal-hal yang baru guna peningktan keaktifan siswa dan pajangan hasil karya
siswa)
Komitmen Mutu
(Inovasi, yaitu memberikan
suatu yang baru bagi lembaga atas hasil karya siswa yang dipasang di mading)
Anti Korupsi
(Peduli, yaitu dengan
memperdulikan kemampuan siswa dalam berkarya)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab IV Pasal 18 tentang “Menerapkan
prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi di lingkungan Satuan
Pendidikan”
|
Menghargai
prestasi
(Pajangan
media kantong ilmu di mading merupakan bentuk apresiasi terhadap karya siswa)
|
7.
|
Menyusun laporan Kegiatan |
1)
Mengumpulkan data dan bukti pendukung laporan
2) Melakukan konsultasi dengan mentor dan
pembimbing mengenai hasil aktualisasi
3) Mencetak laporan kegiatan aktualisasi
|
1)
Terkumpulnya
data dan bukti pendukung laporan
2)
Laporan
kegiatan pelaksanaan aktualisasi
|
Akuntabilitas
(Transparan, yaitu dengan menunjukkan laporan sesuai
agenda kegiatan yang telah dilakukan)
Nasionalisme
Ketuhanan
(Amanah,
yaitu membuat laporan berdasarkan amanah yang telah diberikan mentor dan
pembimbing)
Etika Publik (Bertanggungjawab, menyusun dan mengolah laporan adalah tugas yang
harus dilakukan sebagai pelaporan akhir hasil kegiatan)
Komitmen Mutu (Berorientasi mutu, dengan menyusun laporan yang baik maka meningkatkan
kualitas diri)
Anti Korupsi
(Disiplin
yaitu menyelesaiakan tugas dengan tepat waktu. Dan Mandiri yaitu
menyelesaikan tugas sendiri dengan tidak menjiplak karya orang lain)
|
Sesuai
dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2019 Bab II Pasal 5 tentang “SMP menjalankan
fungsi: Pelaksanaan hubungan kerjasama dengan orangtua peserta didik, komite
sekolah, dan/atau masyarakat.”
|
Mandiri
(Membuat
laporan dilakukan dengan mandiri karena murni hasil aktualisasi sendiri)
Tanggungjawab
(Melaporkan
kegiatan aktualisasi merupakan tanggung jawab mutlak yang harus dilakukan)
|
3.3 Jadwal Rencana Kegiatan Aktualisasi
Tabel 3.2 Jadwal Rencana Kegiatan Aktualisasi
No
|
Kegiatan
|
Oktober
2019
|
November
2019
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
||
1
|
Konsultasi Mentor dan Coach
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Persiapan Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Perencanaan Perangkat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Pembelajaran awal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Pembelajaran Talking Stick
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Pemasangan karya siswa
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Menyusun
Laporan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar