#PGRI
#KOGTIK
#EPSON
#KSGN
PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN DARING DAN LURING
Oleh:
Agus Budi Prasetyo, S.Pd
UPT SMPN 1 Selorejo, Blitar, Jawa Timur
Email: agusbudiprasetyo.17@gmail.com
Blogspot: https://agusbudipendidikanips.blogspot.com/
Pandemi covid-19 telah mengubah
kondisi sekolah yang selama ini tatap muka menjadi dalam jaringan (daring) dan
juga luar jaringan (luring). Perubahan tersebut mengharuskan guru menggunakan
media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan laptop dan gadget.
Selain itu setiap guru harus berkenalan dengan aplikasi guna memperlancar
proses pembelajaran melalui daring maupun luring. Diantaranya aplikasi yang
bisa dipakai adalah blog atau web yang tidak berbayar.
Blog mulai populer akhir-akhir ini
karena dirasa bisa memudahkan pembelajaran yan daring. Adapun manfaat yang bisa
dipakai selama memakai blog adalah mengurangi konsumsi kuota internet saat
mengunduh materi dan tugas. Materi yang diunggah diblog bisa dibuka dan
langsung ditulis atau dipahami siswa. Jika sewaktu-waktu lupa tentang materi
tersebut maka bisa dibuka lagi. Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang
didapatkan dari penggunaan blog.
Cukup banyak jenis blog yang ada di
internet dan kita tinggal memilih sesuka hati. Cukup akses menggunakan email
maka blog pun bisa terakses. Hoby menulis dan bercurhat melalui tulisan bisa
dicurahkan dimedia blog ini sehingga lebih bermanfaat. Untuk pembelajaran
sekolah yang masih berbasis daring maka aplikasi ini bisa digunakan. Sekalipun
sudah tatap muka lagi maka pemanfaatan blog masih berfungsi untuk menuliskan
karya kita.
Aplikasi yang dibutuhkan guna memperlancar
penggunaan blog adalah Whats Up Grup (WAG) kelas mata pelajaran. WAG berfungsi
untuk mengabsen siswa dan mengirim petunjuk pembelajaran. Komunikasi dan
interaksi siswa bersama guru melalui WAG tersebut. Aplikasi ini yang paling
familiar bagi masyarakat awam dan juga bagi siswa. Oleh karena itu mudah untuk
diakses.
Kemudian
aplikasi lain yang dibutuhkan adalah google formulir, aplikasi ini berguna
untuk menerima unggahan tugas siswa supaya mudah dikoreksi. Hasil tugas siswa
akan dikirim melalui link google formulir yang sudah tertera di blog. Dengan google
formuir maka koreksi tugas siswa lebih mudah dan guru mengetahui siswa mana
saja yang belum mengumpulka tugas.
Aplikasi selanjutnya yaitu
media power point, PPT tersebut digunakan untuk menuliskan materi dengan banyak
kreasinya. Bagi siswa yang menggunakan pembelajaran luring juga dibutuhkan
media PPT untuk menyampaikan materi dan tugas. PPT bisa dihias sebaik mungkin
guna menambah kreasi siswa. Selanjutnya PPT yang sudah jadi bisa dicetak dan
diperbanyak sesuai kebutuhan siswa luring. Pembelajaran luring wajib dilayani
oleh guru karena tidak semua siswa mempunyai gadget. Bagaimanapun pembelajarannya
guru harus memberikan pelayanan terbaiknya dem generasi muda bangsa.
Adapun kendala yang didapatkan
selama menggunakan media berupa blog adalah guru tidak sepenuhnya tahu siapa
saja yang sudah mengakses blog tersebut. Karena aplikasi ini hanya bisa membaca
jumlah pengunjung blog saja tanpa menunjukkan identitas email yang mengunjungi.
Namun demikian, hal ini bisa diatasi dengan mengecek tugas yang akan diunggah
siswa di blogt tersebut. Bagi siswa yang sudah mengirim tugas maka akan
mendapatkan nilai baik. Bagi yang elum mengunggah tugas maka akan ditagih
melalui WAG dan ditunggu sampai mengumpulkan. Penggunaan blogs bisa memberikan
cara lain pemelajaran supaya siswa tidak bosan. Berbagai aplikasi lain semisal
google clasroom, youtube, quiziz, dan lainnya bisa dilink kan di blog tersebut.
Sehingga satu aplikasi bisa dihubungkan dengan aplikasi lainnya.
Selama
proses pembelajaran belum ada keluhan dari siswa terkait penggunaan blog. Siswa
rata-rata bisa mengaksesnya dan melakukan petunjuk dari guru. Mungkin hanya
lemahnya semangat belajar saja yang menjadi kendala siswa dalam pelaksanaan
pembelajaran. Karena selama proses daring banyak siswa yang bosan dan bingung
apa yang mau dilakukan. Hal ini menjadi PR guru untuk pembelajaran di pertemuan
pembelajaran selanjutnya.
ide kita sama seperti, media power point nya boleh juga dibagikan dong
BalasHapusIde tulisan kita sama nih, cuman sy tidak pakai quiper, blog siswanya keren juga, bedanya lagi sy di SD
Coba beri masukkan ya
http://www.ayomendidik.com/2020/10/etematik-sebagai-alternatif-inovasi.html?m=1
Terimakasih.. untuk power point materi dari saya sudah saya posting di blog ini jua..
HapusBaik. Semoga semakin sukses dalam menulis
terima aksih sdh memeriahkan lomba blog bulan bahasa dan sumpah pemuda
BalasHapusTerimakasih juga Bapak sudah memberikan banyak wawasan tentang menulis..
Hapusguru hebat,senantiasa menginspirasi
BalasHapussalam kenal
https://www.gurusumedang.com/
Salam kenal Bu. Sukses selalu untuk Ibu..
BalasHapus