RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah |
: |
SMPN 1 Selorejo |
Mata
Pelajaran |
: |
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) |
Materi Pokok |
: |
Dinamika Kependudukan Indonesia (Jumlah, Persebaran, Komposisi, Pertumbuhan,
dan Kualitas Penduduk) |
Kelas/ Semester |
|
VII / 1 |
Alokasi
Waktu |
: |
1 X pertemuan ( 2 x 30 ‘ ) (sesuai kebijakan sekolah) |
1.TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Pendekatan Saintific
Learning peserta didik mampu memahami Jumlah, Persebaran, Komposisi, Pertumbuhan, dan Kualitas Penduduk dengan menggunakan
media pembelajaran dari Google Meet dan aneka media
lainnya.
2. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING
2.1 Pendahuluan
2.1.1 Memberikan pendahuluan berupa mengucapkan
salam, membacakan Pancasila, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Membaca Al-Quran
(Literasi), berdoa, absensi, dan motivasi bagi siswa yang dikelas dan Google
Meet bagi siswa yang di rumah
2.1.2 Peserta didik menerima penyampaikan tujuan
pembelajaran dan bagi yang pembelajaran Daring berupa scren dari media Blogspot
2.2 Inti
2.2.1 Mengamati
· Peserta didik menerima informasi dan petunjuk
pembelajaran dari Guru dan bisa diakses yang dirumah melalui media blogspot (https://agusbudipendidikanips.blogspot.com/2021/09/dinamika-kependudukan-indonesia.html)
· Membagi tugas berupa merangkum materi dengan cara
menggaris bawahi langsung di buku LKS (literasi)
· Bagi yang dikelas pembagian materi sesuai deretan
tempat duduk dan bagi yang dirumah tugas merangkum disesuaikan dengan kondisi
2.2.2
Menanya
· Melalui google meet maka interaksi antara guru
dan peserta didik dirumah masih bisa berjalan dan bisa saling berkomentar
· Peserta didik yang dikelas mendapatkan bimbingan langsung
untuk membuat suatu pertanyaan awal berkaitan dengan materi saat ini
·
Jika tidak
ada yang bertanya maka guru bisa mengajukan pertanyaan sendiri kepada peserta
didik untuk kemudian dibahas secara bersama-sama.
2.2.3 Mengumpulkan informasi
·
Peserta
didik mulai merangkum materi di buku LKS sesuai dengan pembagiannya
·
Bagi yang
dirumah juga diberikan pengarahan untuk mulai mengerjakan tugas rangkuman
2.2.4. Mengasosiasi
·
Peserta
didik mulai mengerjakan tugasnya dengan dibimbing oleh guru, bagi yang dirumah
bisa dipantau melalui forum google meet
2.2.5 Mengomunikasikan
·
Tugas
berupa rangkuman dibaca oleh peserta didik dan guru memberikan tanggapan
·
Untuk
pembahasan berupa tabel maka diberi tambahan pertanyaan dan dibahas bersama di
kelas
·
Peserta
didik yang dirumah bisa menyimak aktivitas pembelajaran dikelas
2.3 Penutup
2.3.1 Peserta didik bersama
guru membuat kesimpulan secara bersama-sama
2.3.2
Menutup pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam dikelas dan yang
daring melakukan penutupan melalui forum Google Meet
3. Penilaian
3.1 Penilaian Sikap :
Oservasi guru dicatat di jurnal penilaian sikap (terlampir)
3.2 Penilaian
Pengetahuan : Jurnal nilai siswa (terlampir)
3.3 Penilaian Ketrampilan :
Jurnal nilai siswa (terlampir)
LK
DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/Gasal
Waktu : 2 X 30 Menit
Materi : Jumlah Penduduk,
Komposisi Penduduk
JUMLAH
PENDUDUK PER-PULAU BESAR DI INDONESIA
A. Soal Numerisasi berkaitan dengan Jumlah Penduduk Indonesia
1.
Mengapa
sebaran jumlah penduduk di Indonesia tidak merata?
2.
Pulau mana yang paling banyak penduduknya?
3.
Apa
penyebab penduduk di pulau Jawa lebih banyak dibandingkan pulau-pulau lainnya?
4.
Pulau mana yang paling sedikit penduduknya?
5.
Apa
dampak dampak negatif dari sebaran penduduk yang tidak merata?
6.
Bagaimana
menurut kalian dampak penyebaran covid-19 terhadap jumlah penduduk Indonesia
saat ini?
KOMPOSISI
PENDUDUK BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN
A.
Soal Numerisasi berkaitan dengan Komposisi Penduduk Indonesia
2.
2. Berapa pesrsen kenaikan tingkat pendidikan SD antara tahun 2016-2017?
3. 3. Tingkat pendidikan apa yang paling banyak?
4. 4. Berapa selisih jumlah antara tahun 2016-2017?
5.
5. Apa saja dampak positif apabila tingkat pendidikan Indonesia semakin naik?
6.
6. Mengapa masih ada penduduk yang belum tamat SD dan bagaimana solusi agar
pendidikannya lebih baik?
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar