Secara teknis prosedur penentuan KKM mata
pelajaran pada Satuan Pendidikan dapat dilakukan antara lain
dengan cara berikut :
a. Menghitung jumlah KD
setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas
dalam satu tahun pelajaran.
b. Menentukan nilai aspek karakteristik
peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi
satuan pendidikan (daya dukung) dengan
memperhatikan komponen-komponen berikut :
1) Karakteristik Peserta Didik(Intake)
Karakteristik Peserta Didik
(intake) bagi peserta didik baru (kelas VII) antara lain memperhatikan
rata-rata nilai rapor SD, nilai ujian
sekolah SD,nilai hasil seleksi masuk peserta didik baru dijenjang SMP. Bagi peserta didik kelas VIII dan IX antara lain memperhatikan rata-rata nilai rapor semester semester sebelumnya.
sekolah SD,nilai hasil seleksi masuk peserta didik baru dijenjang SMP. Bagi peserta didik kelas VIII dan IX antara lain memperhatikan rata-rata nilai rapor semester semester sebelumnya.
2) Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas)
Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.
Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.
3) Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung)
Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) meliputi antara lain (1) kompetensi pendidik (nilaiUKG); (2)jumlah peserta didik dalam satu kelas; (3) predikat akreditasi sekolah; dan (4) kelayakan sarana prasarana sekolah.
Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) meliputi antara lain (1) kompetensi pendidik (nilaiUKG); (2)jumlah peserta didik dalam satu kelas; (3) predikat akreditasi sekolah; dan (4) kelayakan sarana prasarana sekolah.
Contoh Kriteria dan skala penilaian penetapan KKM
Untuk memudahkan analisis setiap KD,perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran.
Tabel 2.1. Kriteria dan Skala Penilaian Penetapan KKM
Kompleksitas
|
Tinggi
< 65 |
Sedang
65-79 |
Rendah
80-100 |
Daya Dukung
|
Tinggi
80-100 |
Sedang
65-79 |
Rendah
<65 |
Intake peserta didik
|
Tinggi
80-100 |
Sedang
65-79 |
Rendah
<65 |
c. Menentukan KKM setiap KD dengan rumus berikut
Jumlah total setiap aspek
KKM per KD =
--------------------------------
Jumlah total aspek
Misalkan: aspek daya dukung mendapat nilai 90
aspek kompleksitas mendapat nilai 70
aspek intake mendapat skor 65
Jumlah total aspek
Misalkan: aspek daya dukung mendapat nilai 90
aspek kompleksitas mendapat nilai 70
aspek intake mendapat skor 65
Jika bobot setiap aspek sama, nilai KKM untuk KD tersebut
90 + 70 + 65
= ---------------- = 75
3
= ---------------- = 75
3
Dalam menetapkan nilai KKM KD, pendidik/satuan pendidikan dapat juga memberikan bobot berbeda untuk masing-masing aspek. Atau dengan menggunakan poin/skor pada setiap kriteria yang ditetapkan.
Tabel 2.2. Kriteria Penskoran
Kompleksitas
|
Tinggi
1 |
Sedang
2 |
Rendah
3 |
Daya Dukung
|
Tinggi
3 |
Sedang
2 |
Rendah
1 |
Intake
peserta didik
|
Tinggi
3 |
Sedang
2 |
Rendah
1 |
Jika KD memiliki kriteria kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka nilai KKM-nya adalah:
1 + 3 + 2
= ------------- x 100 = 66,7
9
Nilai KKM merupakan angka bulat, maka nilai KKM-nya adalah 67.
= ------------- x 100 = 66,7
9
Nilai KKM merupakan angka bulat, maka nilai KKM-nya adalah 67.
Menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan rumus:
Jumlah
total KKM per KD
KKM mata pelajaran = ----------------------------
Jumlah total KD
KKM mata pelajaran = ----------------------------
Jumlah total KD
Satuan
pendidikan yang memilih KKM berbeda untuk setiap mata pelajaran, memiliki
konsekuensi munculnya interval nilai dan predikat yang berbeda-beda,
diilustrasikan berikut:
1) KKMmata pelajaran PPKn 75. Maka nilai C
(cukup) dimulai dari 75. Predikat di atas Cukup adalah Baik danSangatBaik,maka panjang
interval nilai untuk mata pelajaran PPKn dapat ditentukan dengan cara:
(Nilai maksimum – Nilai KKM) : 3 = (100 – 75) : 3
= 8,3
Sehingga
panjang interval untuk setiap predikat 8 atau 9.
Karena panjang interval nilainya 8 atau 9,danterdapat 4 macam predikat, yaitu A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan D (Kurang), maka untuk mata pelajaran PPKn interval nilai dan predikatnya sebagai berikut.
14
Karena panjang interval nilainya 8 atau 9,danterdapat 4 macam predikat, yaitu A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan D (Kurang), maka untuk mata pelajaran PPKn interval nilai dan predikatnya sebagai berikut.
14
Tabel 2.3. Contoh Interval Nilai
dan Predikatnya untuk KKM 75
interval Nilai
|
Predikat
|
keterangan
|
> 92 – 100
|
A
|
Sangat Baik
|
> 83 – 92
|
B
|
Baik
|
≥ 75 – 83
|
C
|
Cukup
|
< 75
|
D
|
Kurang
|
Pada contoh di atas, panjang interval untuk predikat C dan B yaitu 9, sedangkan predikat A panjang intervalnya 8.
2) KKM mata pelajaran Matematika adalah 60.
Maka nilai C (cukup) dimulai dari 60. Panjang interval nilai untuk mata pelajaran Matematika dapat ditentukan dengan cara:
Maka nilai C (cukup) dimulai dari 60. Panjang interval nilai untuk mata pelajaran Matematika dapat ditentukan dengan cara:
(nilai maksimum – nilai KKM) : 3 = (100 – 60) : 3
= 13,3
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14. Karena panjang interval nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika interval nilai dan predikatnya sebagai berikut.
Tabel 2.4. Contoh Interval Nilai dan Predikatnya untuk KKM 60
interval Predikat
|
Predikat
|
keterangan
|
> 87 -100
|
A
|
Sangat Baik
|
> 73 – 87
|
B
|
Baik
|
≥ 60 – 73
|
C
|
Cukup
|
< 60
|
D
|
Kurang
|
Pada contoh di atas, panjang interval untuk predikat C dan B yaitu 14, sedangkan predikat A panjang intervalnya 13.
HASIL
BIMTEK K13 MATPEL IPS KABUPATEN TRENGGALEK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar