KOMPETENSI DASAR,
MATERI POKOK DAN  PEMBELAJARAN
A.  Kelas VII
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik. Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang         proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Materi Pokok 
 | 
  
Pembelajaran 
 | 
 
Peserta didik
  mampu: 
3.1   memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
  flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
  pendidikan 
4.1   menyajikan hasil telaah konsep
  ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya  terhadap
  kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan 
 | 
  
· Kondisi
  geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi,
  tata air, tanah, flora dan fauna)
  melalui peta rupa bumi 
· Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut) 
· Sumber Daya Manusia 
-  jumlah, sebaran, dan
  komposisi; 
-
   pertumbuhan; 
-  kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan 
-  keragaman etnik (aspek- aspek budaya 
·    Interaksi
  antarruang (distribusi potensi
  wilayah Indonesia) 
·     Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk) 
 | 
  
· Pembelajaran saintifik yang berorientasi pada kegiatan peserta didik dengan
  mengutamakan aktivitas inquiry untuk terbinanya keterampilan berpikir kritis,
  meningkatkan kemampuan literasi
  informasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. 
· Kegiatan pembelajaran diselaraskan dan atau dapat mengikuti tahapan sebagai berikut: 
-
  Mengamati peta kondisi geografi di Indonesia 
-
  Membuat peta penyebaran sumber daya alam di
  Indonesia 
-
  Membandingkan data kependudukan (sebaran dan pertumbuhan) berdasarkan tahun 
-
  Menyajikan data kependudukan dalam bentuk tabel dan grafik. 
-
  Mengidentifikasi
  masalah akibat interaksi antarruang (mobilitas penduduk, distribusi barang, arus informasi, dan persebaran gagasan perubahan) 
 | 
 
-
  Menganalisis dampak positif dan negatif dan
  mengajukan solusi terhadap dampak interaksi antarruang 
 | 
 ||
Peserta didik
  mampu: 
3.2    menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai 
dan norma serta kelembagaan sosial budaya 
4.2    menyajikan hasil analisis
  tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
  kehidupan sosial, ekonomi dan
  budaya dalam nilai 
dan norma, serta kelembagaan sosial budaya 
 | 
  
·   Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerja sama, asimilasi) 
·   Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik 
·   Lembaga sosial: pengertian, jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik) 
 | 
  
· Pembelajaran berbasis masalah dengan mengutamakan aktivitas
  inquiry untuk terbinanya
  berpikir kritis, kreatif, dan
  berkolaboratif, serta meningkatkan
  kemampuan komunikasi. 
· Kegiatan pembelajaran diselaraskan dan atau dapat mengikuti tahapan sebagai berikut: 
-
  Mengamati interaksi sosial masyarakat pedesaan dan
  perkotaan 
-
  Mengamati faktor- faktor yang mempengaruhi bentuk interaksi sosial 
berdasar lembaga yang ada di
  masyarakat 
-
  Menyajikan data hasil analisis interaksi sosial menurut bentuknya di perdesaan dan perkotaan 
-
  Menganalisis dampak interaksi sosial terhadap kegiatan
  ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik. 
-
  Mengajukan solusi atau pemecahan masalah untuk membina kehidupan sosial yang
  harmonis dan berkeadilan di lingkungan
  masyarakat Indonesia. 
 | 
 
Peserta didik
  mampu: 
3.3    menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
  menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,
  penawaran- permintaan) dan
  interaksi antarruang untuk keberlangsungan
  kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia 
4.3    menyajikan hasil analisis
  tentang konsep interaksi antara manusia
  dengan 
 | 
  
·    Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi) 
·    Kegiatan
  ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya dengan perkembangan
  iptek 
·    Permintaan, penawaran, harga, dan pasar 
·    Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia 
·    Hubungan antara kelangkaan, permintaan- 
 | 
  
· Pembelajaran berbasis proyek dengan mengutamakan aktivitas inquiry untuk terbinanya berpikir kritis, kreatif, inovatif, berkolaborasi, dan  meningkatkan literasi informasi dan komunikasi. 
· Kegiatan pembelajaran diselaraskan dan atau dapat mengikuti tahapan sebagai berikut: 
-
  Membuat daftar kebutuhan dan 
 | 
 
ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi
  (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan,
  dan penawaran) dan interaksi
  antarruang untuk 
keberlang-sungan kehidupan ekonomi, sosial, dan
  budaya Indonesia 
 | 
  
penawaran, dan
  harga untuk mewujudkan kesejahteraan dan
  persatuan bangsa Indonesia 
 | 
  
kelangkaan barang
  dalam keluarga 
-
  Mengumpulkan data berbagai kegiatan ekonomi di pedesaan dan perkotaan 
-
  Menganalisis pengaruh teknologi internet terhadap penawaran 
dan pemintaan 
-
  Menciptakan gagasan kreatif untuk mengembangan jenis-
  jenis kewirausahaan mandiri yang memanfaatkan potensi lingkungan sekitar sekolah. 
 | 
 
Peserta didik
  mampu: 
3.4    memahami
  berpikir kronologi, perubahan dan
  kesinambungan dalam kehidupan
  bangsa Indonesia pada aspek
  politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara
  sampai masa Hindu- Buddha, dan Islam 
4.4    menyajikan hasil analisis
  kronologi, perubahan, dan
  kesinambungan dalam kehidupan
  bangsa Indonesia pada aspek
  politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara
  sampai masa Hindu- Buddha, dan Islam 
 | 
  
·   Perubahan dan kesinambungan 
masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis 
·   Perubahan dan kesinambungan 
masyarakat Indonesia pada masa Hindu-
  Buddha 
secara kronologis 
·   Perubahan dan kesinambungan 
masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis 
 | 
  
· Pembelajaran saintifik dengan mengutamakan aktivitas heuristik untuk terbinanya berpikir
  kritis, kreatif, inovatif,
  memecahkan masalah, berkolaborasi, dan meningkatkan kemampuan komunikasi. 
· Kegiatan pembelajaran diselaraskan dan atau dapat mengikuti tahapan sebagai berikut: 
-
  Mengidentifikasi
  karakteristik peninggalan masyarakat praaksara,
  masa Hindu-Buddha, dan masa Islam
  secara heuristik (menelaah 
fakta dan data tersedia) 
dan berkolaborasi. 
-
  Membandingkan
  karakteristik kehidupan masyarakat baik aspek sosial, budaya, dan ekonomi
  pada masa pra aksara, Hindu-Buddha, dan masa Islam 
-
  Menyajikan hasil analisis perubahan dan
  kesinambungan kehidupan bangsa Indonesia pada
  masa praaksara, Hindu- Buddha dan
  Islam.  
 | 
 
HASIL BIMTEK K13 MATPEL IPS
KABUPATEN TRENGGALEK
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar