Senin, 30 Juli 2018

RPP IPS SMP K13




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                         Sekolah                             : ...........
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tema                                  : Manusia, Tempat dan Lingkungan
Sub Tema                         : Potensi Kemaritiman Indonesia
Materi pokok                 : Perikanan
Alokasi Waktu              : 1 Pertemuan  (2x40 menit)


A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR  DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KD
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
3.
3.
4.
4.


C.    Tujuan Pembelajaran
      Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.     
Fokus Penguatan Karakter Utama             :               ........(Gotong Royong)
Sub Karakter                                                        :               ........(Kerja Sama, Kekeluargaan

Focus Penguatan Karakter Utama              :               ........(Nasionalis)
Sub Karakter                                                        :               ........(Disiplin, cinta tanah air)

D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi Reguler
1.       Potensi sumber daya perikanan di Indonesia
2.       Persebaran  perikanan di Indonesia
3.       Contoh hasil perikanan di Inonesia
4.       Masalah perikanan di Indonesia dan solusinya
5.       Pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan

Materi remidi
1.        Contoh jenis Ikan air tawar beserta manfaat di lingkungan sekitar
2.        Contoh ikan jenis air laut beserta manfaat di lingkungan sekitar

Materi Pengayaan
1.        Pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan

E.   METODE PEMBELAJARAN
       Model                            :  .......... (Saintifik, DL/Inquiry, PBL, PjBL)

F.  MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Gambar tentang perikanan laut
  2. Video potensi perikanan laut di Indonesia




G. Sumber belajar
1.    Iwan Setiawan, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII ( Buku Siswa  Edisi Revisi 2016). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, hal 34
2.    Supadi, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi). 2016. Jakarta: Bumi Aksara, hal 19
3.    lingkungan sekitar
4.    Internet
a.     /www.google.com/search?q=peta+persebaran+perikanan+ikan+di+indonesia&client=firef


H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
WAKTU
PENDAHULUAN


KEGIATAN INTI  


PENUTUP


2. Pertemuan 2
KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
WAKTU
PENDAHULUAN


KEGIATAN INTI  


PENUTUP


Dst.

I.         PENILAIAN
1.    Teknikpenilaian dan Bentuk Penilaian
a.     Kompetensi Sikap: Observasi menggunakan jurnal (Tidak langsung)
b.    Kompetensi Pengetahuan: Tertulis, berbentuk Uraian
c.     Kompetensi Keterampilan: Penilaian kinerja,menggunakan rubrik dan penilaian produk
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
     3.   Pembelajaran Remidial Dan Pengayaan
   1. REMIDIAL    : Pemberian tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
                                   tentang  contoh jenis ikan air tawar dan air laut.
   2. PENGAYAAN            : Pemberian tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
                                   tentang Pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan



Mengetahui                                                                            Surabaya, 28 Maret 2018
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran,





_________________________                                                           ________________________________
Nip.                                                                                         Nip.





Lampiran Penilaian Sikap:
Lampiran  1 : InstrumenPenilaian
A. Penilaian  Kompetensi Sikap Spiritual  dan Kompetensi Sosial
1.    Teknik penilaian: Observasi (Pembelajaran Tidak Langsung)
2.    Alat penilaian       : Jurnal
3.    Contoh Jurnal penilain Sikap piritual dan Sosial  (tidak langsung)
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Aspek
      1.             





      2.             





      3.             





      4.             





      5.             






B. Penilaian Kompetensi  Pengetahuan
       1. Teknik Penilaian                 : Tes Tertulis
       2. Bentuk                                     : Uraian

a.      Kisi-kisi Soal
1.Teknik                           : Tertulis
2.Bentuk                           : Uraian

Nama Sekolah                                :
Kelas/Semester           : VII/Satu                         
Mata pelajaran             : IPS
Tahun Pelajaran          : 2017/2018
NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk soal
Jumlah soal
1.
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
Potensi Kemaritiman
SD Perikanan
1.       Mendiskripsikan SDA perikanan laut di Indonesia
2.       Memberikan contoh hasil perikanan air laut dan perikanan air darat
3.       Perbedaan Sebaran potensi ikan di berbagai daerah di Indonesia
4.       Mampu mendiskripsikan masalah perikanan di Indonesia dan solusinya
5.       Mendiskripsikan pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan

Uraian


Uraian


Uraian


Uraian
1


1


1


1
                                                                                                           
b.      BUTIR SOAL
NO
INDIKATOR SOAL
SOAL
SKOR
1
1.    Mendiskripsikan potensi sumber daya perikanan di Indonesia
2.    Mengelompokan sumber daya perikanan di Indonesia
3.    Memberi contoh hasil perikanan di sekitar lingkungan siswa
4.    Disajikan gambar  masalah perikanan di Indonesia dan solusinya
5.    Mendiskripsikan pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan

1.      Deskripsikan  potensi lestari  sumber daya perikanan di Indonesia
2.      Deskripsikan persebaran perikanan yang kamu ketahui
3.      Berikan contoh hasil perikanan di sekitar lingkungan siswa
4.       Deskripsikan maslah perikanan yang dihadapi Indonesia dan apa solusinya
5.      Jelaskan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan










c.         Kunci Jawaban dan Pedoman penskoran
NO
KUNCI JAWABAN
SKOR

1
Sumber daya perikanan laut merupakan salah satu potensi sumber daya laut . Laut Indonesia memiliki potensi lestari yaitu potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi sehingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasi ikan.


2


3

Misal Perikanan air tawar )) Lihat letak kondisi geografis siswa:

Perikanan air tawar meliputi perikanan di sawah, kolam, danau, sungai, dan keramba. Jenis-jenis ikan yang diusahakan adalah ikan mas, nila, lele, gurami.




4
Ò  illegal fishing , pemakaian pukat harimau
Ò  sdm yang terlatih, teknologi penangkapan ikan yang masih sederhana



5
1.        konservasi ekosistem
2.        pembinaan dan penguatan SDM
3.        Penguatan kebijakan dan peraturan pemerintah
4.        Kerjasama local,regional,nasional


Keterangan :  Kata tercetak miring adalah kata kunci jawaban
Pedoman penskoran:
a.     Menjawab 1 kata kunci benar mendapat skor 2
b.    Menjawan 1  kata kunci salah mendapat skor 1
c.     Tidak menjawan mendapat skor 0

                Skor Perolehan
Nilai =   -------------------- x100
Skor Maksimal
                                  

Keterangan predikat:
Sangat Baik (A)                : 86-100
Baik (B)                               : 71-85
Cukup (C)                           : 56-70
Kurang (D)                         : ≤ 55

C. Kompetensi Keterampilan
       1. Teknik Penilaian: Penilaian Kinerja
       2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
      1. Kisi-kisi Penilaian Kinerja
Nama Sekolah               :
Kelas/Semester           : VII/Satu                         
Mata pelajaran             : IPS
Tahun Pelajaran          : 2016/2017
NO
KD
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1.



Kinerja
Rubrik Penilaian Kerja
NO
Indikator
RUBRIK
1.
Presentasi
Kriteria presentasi:
1. performen/penampilan
2. Isi presentasi
3. Media yang digunakan
4. Penggunaan bahasa yang baik dan benar

Pedoman Penskoran:
4 = Memenuhi 4 kriteria
3 = Memenuhi 3 kriteria
2 = Memenuhi 2 kriteria
1 = Memenuhi 1 kriteria

No
Nama
Performance/penampilan
Isi presentasi
Media yang digunakan
Penggunaan bahasa yang baik dan benar
SKOR
NILAI
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


1



















2



















3



















4



















5



















6
Dst


















                Skor Perolehan
Nilai =   -------------------- x100
Skor Maksimal (16)

                                   
Keterangan predikat:                                
Sangat Baik (A)                : 86-100
Baik (B)                               : 71-85
Cukup (C)                           : 56-70
Kurang (D)                         : ≤ 55


Penilaian produk
Nama Siswa
Kesesuaian hasil olahan dengan bahan baku
Kreativitas
Ketepatan waktu






Kesesuaian Bahan baku sesuai dengan materi  skor 4
Bahan baku sesuai tetapi lebih dominan tambahannya skor 3
Bahan baku tidak sesuai skor 2


Mengumpulkan sesuai waktu yang ditentukan 4
Mengumpulkan tidak tepat waktu 3
Mengumpulkan, dengan tagihan  (peringatan) skor 2


Hasil produk kreatif, unik skor 4
Hasil produk seadanya, rapi skor 3
Hasil produk seadanya, kurang rapi skor 2
                Skor Perolehan
Nilai =   -------------------- x100
Skor Maksimal (16)
 





Keterangan predikat:                                
Sangat Baik (A)                : 86-100
Baik (B)                               : 71-85
Cukup (C)                           : 56-70
Kurang (D)                         : ≤ 55
RUBRIK REMEDIAL DAN PENGAYAAN







No. Urut
Kategori
Skor
Baik sekali
Baik
Sedang
Kurang
1.
Memberikan informasi yang runtut disertai penjelasan



 
2.
Jelas dan sesuai dalam memberikan jawaban




3.
Informasi disampaikan dengan jelas




          














Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
Nilai Akhir =
1. Teknil
penilaian                                          : Penugasan
2. Bentuk                                                            :Uraian



(DARI HASIL BIMTEK K13 MATPEL IPS KAB. TRENGGALEK GELOMBANG 2 TAHUN 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar