Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Kelas VII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan
1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada
masa pra-aksara di Indonesia
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi
sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam
berbagai kegiatan sehari-hari
|
Kelas VII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungannya
|
4.1 Menggunakan peta, atlas, dan
globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.2 Membuat sketsa dan
peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3 Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
4.4 Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya
terhadap kehidupan
|
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak
masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
|
|
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan kondisi
fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan
hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan dampaknya
terhadap pembangunan
|
2. Memahami proses
kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
2.2 Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
3. Memahami masalah
penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
(miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai
upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
4. Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan
antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
4.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan
negara
4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan
ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami
usaha persiapan kemerdekaan
|
5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2
Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
|
6.
Memahami pranata dan penyimpangan sosial
|
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan
sosial
6.2
Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan upaya
pengendalian penyimpangan sosial
|
7. Memahami kegiatan
perekonomian Indonesia
|
7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga
kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah
dalam upaya penanggulangannya
7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem
perekonomian Indonesia
7.3
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
7.4 Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga pasar
|
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di
dunia
|
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan
negara maju
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk
pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan
politik di Indonesia
|
2. Memahami usaha mempertahankan
kemerdekaan
|
2.1 Mengidentifikasi usaha
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
3.1 Mendeskripsikan perubahan
sosial-budaya pada masyarakat
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat
dalam menyikapi perubahan
|
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
|
4.1 Mendeskripsikan uang dan
lembaga keuangan
4.2 Mendeskripsikan perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Kelas IX, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
|
5.1 Menginterpretasi peta
tentang bentuk dan pola muka bumi
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur
geografis dan penduduk di kawasan Asia
Tenggara
5.3 Mendeskripsikan pembagian
permukaan bumi atas benua dan samudera
|
6. Memahami usaha mempertahankan Republik
Indonesia
|
6.1 Mendeskripsikan perjuangan
bangsa Indonesia merebut Irian Barat
6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan
kerjasama internasional
|
7.1 Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
7.2 Menguraikan
perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama
internasional
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan
sosial-budaya di era global
7.4 Mendeskripsikan kerjasama
antarnegara di bidang ekonomi
7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara
terhadap perekonomian Indonesia
|
4605+17= ‘’’’’///>>> love<<<\\\’’’’’’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar