Kamis, 28 November 2013

guru sebagai pendidik profesional

Sifat dan Sikap yang Harus Dimiliki Guru Sebagai Pendidik
Ø  Religius/agamis
Ø  Jujur
Ø  Adil
Ø  Disiplin
Ø  Sopan
Ø  Berkesusilaan
Ø  Tanggung jawab
Ø  Simpatik
Ø  Berketeladanan
Ø  Ikhlas
Tuntutan Guru Sebagai Pendidik
a. merancang proses pembelajaran
·         mampu merumuskan kompetensi siswa yang diharapkan melalui pembelajaran
·         mampu mengembangkan, memiliki, memilah, dan menetapkan bahan ajar atau materi pelajaran
·         mampu mengorganisir bahan ajar atau materi pelajaran
·         mampu memilih dan menetapkan pendekatan atau metode pembelajaran
·         mampu membuat, memilih, dan menentukan media/alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran
·         mampu menyusun perangkat penilaian yang akan digunakan dan meentukan teknik penilaiannya
·         mampu mengalokasikan waktu ke dalam kegiatan pembelajaran.
b. pelaksanaan pembelajaran
·         mampu membuka pelajaran
·         mampu menyajikan bahan ajar atau materi pelajaran
·         mampu menggunakan pendekatan dan metode ke dalam pembelajaran
·         mampu menggunakan media/alat peraga ke dalam pembelajaran
·         mampu berinteraksi dengan siswa secara komunikatif dalam proses pembelajaran
·         mampu mengorganisir kegiatan pembelajaran
·         mampu memotivasi siswa di dalam proses pembelajaran
·         mampu menyimpulkan hasil pembelajaran
·         mampu memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran
·         mampu melaksanakan penilaian dalam proses pembelajaran
·         mampu mampu mengelola waktu dalam pemelajaran.
c. penilaian prestasi belajar
·         mampu menyusun, memilih, dan menetapkan soal yang memilii tingkat relevansi tinggi terhadap kompetensi siswa ang telah ditetapkan
·         mampu menganalisis soal yang valid dan yang kurang valid sekaligus memperbaikinya
·         mampu melakukan pemeriksaan jawaban siswa
·         mampu mengklasifikasi, mengolah, dan menganalisis hasil-hasil peneliaian
·         mampu menyusun laporan hasil penilaian
·         mampu menentukan korelasi antar soal berdasarkan hasil penilaian
·         mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian.
d. pelaksanaan tindak lanjut
·         mampu merancang program tindak lanjut dari hasil penilaian
·         mampu mengklasifikasikan kemampuan siswa atas dasar hasil penilaian
·         mampu melaksanakan program/kegiatan tindak lanjut
·         mampu mengevaluasi, manganalisa, dan menyimpulkan hasil tindak lanjut.
e. pengembangan pembelajaran
·         mampu mengembangkan model-model pembelajaran dan alat peraga/media pembelajaran
·         mampu melakukan penelitian ilmiah
·         mampu menulis buku pelajaran, modul pembelajaran, hasil penelitian, dan makalah
·         mampu menganalisis dan mengembangkan kurikulum
·         mampu memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kepentingan pembelajaran.


Daryanto. 2013. Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar